Rapat Uji Kompetensi Nasional, Satpol PP Wajib Responsif dan Humanis

  • Admin Bulelengkab
  • 10 Januari 2017

JAKARTA -Dalam rangka meningkatkan kapasitas sumber daya Polisi Pamong Praja (POL PP), Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan Pol PP wajib memiliki kompetensi yang tinggi.

“Wajib bagi setiap anggota Polisi Pamong Praja untuk memiliki kompetensi yang tinggi, di antaranya memiliki potensi intelektual, kecerdasan sosial dan kecerdasan emosional,” ungkap Mendagri yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal Kemendagri ketika membacakan arahan Mendagri dalam pembukaan acara Rapat Uji Kompetensi Nasional Satpol PP di Hotel Acacia, Jakarta, Rabu (12/10).

 Hal ini menjadi penting dikarenakan, dewasa ini masyarakat menjadi semakin sadar akan haknya untuk memperoleh jaminan ketertiban dan ketentraman.

“Pada gilirannya birokrasi pemerintah, termasuk Satpol PP harus bersikap responsif, profesional, namun juga konsisten, adil, dan humanis,” kata Mendagri.

Dalam mewujudkan hal ini, pemerintah sebelumnya telah menetapkan jabatan fungsional Pol PP melalui Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 4 Tahun 2014 tentang Jabatan Fungsional Polisi Pamong Praja dan kemudian ditindaklanjuti dengan Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 34 Tahun 2015.

Terkait tingkatan dalam jabatan fungsional Polisi Pamong Praja di bagi menjadi 2 (dua) tingkat. Tingkat Keterampilan dan Tingkat Keahlian. Tingkat Keterampilan terdiri dari pelaksana pemula, pelaksana, pelaksana lanjutan dan penyelia sedangkan Tingkat Keahlian terdiri dari pertama, muda dan madya.

Adapun Jabatan Fungsional Pol PP ini dapat dilakukan melalui jalur penyesuaian/inspassing. Dimana Uji Kompetensi bertujuan untuk melihat seberapa jauh kemampuan dan karakteristik yang dimiliki oleh seorang Anggota Satpol PP, yaitu berupa pengetahuan, keterampilan dan sikap perilaku yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas jabatannya.

Selain Sekretaris Jenderal Kemendagri Yuswandi A Temenggung, juga turut hadir dalam acara ini Plt Direktur Jenderal Administrasi Wilayah Kemendagri Eko Subowo.

 

sumber : www.kemendagri.go.id

Share Post :