(0362) 21985
polpp@bulelengkab.go.id
Satuan Polisi Pamong Praja

Satpol PP Bakal Dibekali Ilmu Intelijen

Admin polpp | 13 Agustus 2015 | 4609 kali

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dibekali pengetahuan tentang hak asasi manusia (HAM) serta pelatihan dasar-dasar pengumpulan informasi intelijen.

Direktorat Jenderal (Ditjen) Pemerintahan Umum (Pum) yang membidangi Satpol PP menjalin kerja sama dengan sejumlah instansi.

"Kami mengadakan pelatihan pendidikan dasar untuk Satpol PP, jadi mereka punya pengetahuan dasar. Dengan Kementerian Hukum dan HAM untuk melatih pengetahuan HAM. Dengan Badan Intelkam dan Lemdikpol Polri, kami adakan pelatihan dasar-dasar pengumpulan informasi intelijen," kata Direktur Jenderal Pum, Agung Mulyana di Bandung, Jawa Barat, Rabu (4/3).

Dia menjelaskan, pengetahuan HAM sepatutnya dimiliki Satpol PP. Dengan adanya pengetahuan itu, lanjutnya, tindakan Satpol PP diharapkan lebih humanis.

Sedangkan, pelatihan intelijen dibutuhkan agar Satpol PP dapat menganalisis serta menghasilkan telaahan strategis untuk kepala daerah terhadap sebuat peristiwa.

"Intelijen itu jangan dianggap Satpol PP akan petantang-petenteng bawa senjata, kemudian menganggap diri intel, bukan begitu. Pelatihan intelijen itu untuk mengumpulkan informasi tentang perkiraan keadaan dengan mungkin misalnya suatu kebijakan kan bisa membawa dampak," ujarnya.

Dia menyatakan, pihaknya juga bekerja sama dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

"Kami sudah buat panduan jabatan fungsional Satpol PP. Supaya orang yang ditempatkan di Satpol PP bukan orang yang 'daripada enggak ada kerjaan' atau buangan, tapi jadi tempat berkarier. Nanti akan ada jabatan fungsional seperti jabatan pratama, ahli muda, ahli madya dalam penegakan Perda," ucapnya.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo meminta Satpol PP dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) tidak menggunakan kekerasan saat bertugas.

"Satpol PP dan Satlinmas jangan mengedepankan kekerasan. Ajak dialog, berikan pemahaman kepada masyarakat yang mungkin belum paham akan undang-undang serta peraturan-peraturan daerah," kata Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo saat menjadi inspektur upacara Hari Ulang Tahun Satpol PP ke-65 dan Satlinmas ke-53, di Bandung, Selasa (3/3).

Dia menyatakan, Satpol PP dan Satlinmas merupakan wajah kepala daerah. "Anda harus menjaga kewibawaan, menjaga seluruh program pemerintah daerah bisa dilaksanakan dengan baik," ujarnya.

Menurutnya, tugas Satpol PP dan Satlinmas sangatlah mulia. Dia berharap Satpol PP dan Satlinmas tetap berkoordinasi dengan kepolisian, TNI dan satuan lain ketika bertugas.

"Satpol PP dan Satlinmas harus mampu ikut menggerakkan, mengorganisir, mengajak seluruh elemen di manapun bertugas. Tunjukkan sikap disiplin sebagai Satpol PP dan Satlinmas," tegas mantan Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini.


Sumber : www.beritasatu.com