(0362) 21985
polpp@bulelengkab.go.id
Satuan Polisi Pamong Praja

FGD Kondisi Eksisting SPBE Pemkab Buleleng

Admin polpp | 17 April 2023 | 40 kali

Senin (17/04) JF beserta staff yang menangani menghadiri acara "FGD Kondisi Eksisting SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) Pemerintahan Kabupaten Buleleng, yang bertempat di Ruang Ganesha 3, Gedung Rektorat Lt 3 Undiksha yang dihadiri oleh Kaban Litbang, Ketua tim pelaksana kegiatan penyusunan arsitektur dan peta rencana SPBE serta anggota tim.

Ketua tim pelaksana memaparkan hasil dari pengumpulan data awal kegiatan penyusunan Arsitektur dan Peta Rencana SPBE tahun 2024-2028.

Kegiatan ini tidak akan menghasilkan sistem baru tdk mengubah sistem yang ada. Kegiatan ini bertujuan untuk menghasilkan suatu dokumen yang bisa mengintegrasikan sistem satu dengan yang lain. Dokumen yang dihasilkan digunakan menjadi satu payung hukum / acuan dari seluruh sistem / aplikasi, baik yang sudah ada, ataupun yang ingin dikembangkan.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk di masa depan masing-masing opd maupun kabupaten buleleng secara umumnya sudah tidak menggunakan lagi pihak ketiga terkait dengan sistem informasi data agar dikelola secara mandiri / inhouse.

      Adapun nantinya proses kegiatan ini akan dilakukan pengumpulan kebutuhan data yang lebih lanjut seperti :

1. Dokumen proses bisnis masing-masing opd yang telah di sahkan,

2. Dokumen standar pelayanan masing-masing opd yang telah disahkan,

3. Regulasi yang mendasari pengembangan masing-masing aplikasi/sistem informasi,

4. SOP seluruh aplikasi/sistem informasi yang dikembangkan OPD,

5. Dokumen Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak (SPKL) seluruh aplikasi/sistem yang dikembangkan OPD,

6. dokumen arsitektur/desain proses bisnis, arsitektur data, arsitektur aplikasi dan arsitektur infrastruktur dari setiap sistem/aplikasi yang dikembangkan OPD

7. Dokumen teknis dari setiap aplikasi/sistem informasi yang dikembangkan OPD

8. Dokumen manual dari setiap aplikasi/sistem informasi yang dikembangkan OPD

9. Dokumen kontrak dengan Vendor terkait hak cipta dan kode sumber dari aplikasi/sistem informasi yang dikembangkan OPD

10. Dokumen laporan hasil uji keamanan, performance dan debugging yang dilaksanakan oleh tim penguji dan telah dinyatakan lolos uji dari setiap aplikasi/sistem informasi yang dikembangkan OPD

      Keberlanjutan proses pengumpulan kebutuhan data tersebut rencananya akan dilakukan pada Bulan Mei 2023 ini.